Jumat, 13 November 2009

Warta Pondok................



SD Islam Darul Ihsan adalah Suatu Lembaga di bawah Yayasan Islam Darul Ihsan yang bergerak di Bidang Pendidikan.SD Islam Darul Ihsan ini secara resmi telah ijin Operasional Sejak 26 juli 2004 No. SK : 421.2/2268-dikbud/2004, NSS/NIS: 102020603016,101172.di ambil kata darul Ihsan yaitu sebagai penghargaan yang tinggi terhadap jasa-jasa pendirinya yaitu R. ED.Muhyidin Bin R.Hasan Bin R.KH.Muhyiddin Al holidi, Perkembangan selanjutnya di bawah pimpinan R. ED.Muhyiddin,S.Pd.I dan seluruh Putra-putri Al-marhum Raden Hasan dengan mengacu pada Prinsip " Mempertahankan nilai-nilai lama yang baik dan menggali nilai-nilai baru yang lebih baik,serta berupaya mengembangkan aspek intelektualnyajuga menerapkan akhlaqul karimah.

- Setiap jam 07.00 sebelum belajar mengadakan doa bersama dan bacaan Sholat,Hafalan Juz Amma
- Setiap Istirahat diwajibkan sholat duha
- Sebelum Pulang Sekolah di wajibkan untuk sholat berjamaah Dzuhur
- Setiap malam minggu diadakan kegiatan Pengajian Kitab Kuning, Latihan Pidato, Pengajian Tajwid /Qori/Qoriah,Kosidahan,Pramuka, Tutorial Pelajaran Sekolah dll

SD Islam sudah memiliki 6 ruang kelas dan 1 kantor,dan lapangan namun belum punya perpustakaan,Lab.Komputer, Lab.bahasa dan pemagaran dan penghijauan, maka dengan itu memohon kepada Para Pengusaha dan para dermawan atau Siapa saja yang yang Punya niat baik menolonng untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk pembangunan fasilitas yang belum ada.



Yayasan Islam Darul Ihsan, di rencanakan menjadi sebuah model pondok pesantren terpadu, yang diharapkan bisa mempersiapkan peserta didik agar sanggup, siap dan mampu untuk hidup secara dinamis di lingkungan negara bangsanya dan tatanan masyarakat antarbangsa dengan penuh kesejahteraan dan kebahagiaan duniawi dan ukhrowi.
Sebuah kampus yang bertujuan mempersi-apkan peserta didik untuk beraqidah yang kokoh kuat terhadap Allah dan Syari’at-Nya, menyatu di dalam tauhid, berakhlaq al-karimah, berilmu pengetahuan luas dan berketerampilan tinggi ( menguasai science & technology dengan segala perkembangannya) yang tersimpul dalam ‘basthotan fil ‘ilmi wal jismi’.
Dalam konsep Raden Kiyai ED. Muhyiddin S.Pd.I , Pemimpin Yayasan Islam Darul Ihsan, pendidikan itu haruslah mengekspos segala kegiatan umat manusia, baik itu ekonomi, energi, environment dan lain-lain. Menurutnya, Indonesia harus masuk dalam zone of peace and democracy jika ingin menjadi negara yang beradab dan bermoral di muka bumi ini bersama-sama dengan negara-negara lain.Sekaligus sebagai undangan terbuka bahwa Yayasan ini terbuka untuk dikunjungi semua kalangan baik dari kalangan agama, bangsa, suku maupun golongan. Kata Darul Ihsan itu sendiri adalah artinya Taman – Taman Kebaikan .
Jadilah peninjauan langsung dilakukan, mulai dari Bangunan Sekolah TK Islam, SD Islam, MAU Darul Ihsan yang terlihat Bangunan Lokalnya asalnya kurang layak pakai, gedung pembelajaran, klinik, laboratorium, Ruang workshop, asrama putera dan puteri, bahkan sampai ke kamar tidur, ruang makan, dapur, penyimpanan makanan, sampai ke lahan pertanian dan peternakan itu semua Belum terlaksana. Tetapi para santri, staf dan karyawan secara spontan dan terbuka , transparan. Di samping adanya penjelasan rinci dari Pimpinan Ma’had, yang setia mendampingi.
Sungguh susah mengungkapkan kalimat yang cukup bisa menggambarkan keberadaan Ma’had Darul Ihsan ini.
Ma’had Darul Ihsan dihuni Kurang lebih dari 200 orang, terletak di sebuah kawasan yang jauh dari keramaian kota, Kp. Ciburial Rt 02/11, Desa Cimangkok, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Indonesia, menempati tanah wakaf dari berbagai kalangan Ummat, harapan dipergunakan sebagai sentral pendidikan/kawasan Kampus Ma’had Darul Ihsan, dan sarana pendukung pembelajaran di berbagai bidang, antara lain, aquakultur/perikanan, hortikultur, industri Susu , unit peternakan, industri kecil dan lain lain.
Ibarat melihat satu rumah tangga besar yang religius, sekaligus ibarat melihat sebuah perkampungan , kawasan pendidikan terpadu, kawasan pertanian dan industri terpadu, sebuah kampus peradaban, manakala berada di Ma’had Darul Ihsan, Sukabumi ini. Suasana yang nyaman, tenang, penuh keakraban dan persahabatan, sangat jauh dari bau perkelahian, bau iri dan dengki, maupun suara politik. Yang ada hanya suara pendidikan, budaya toleransi dan perdamaian. Suasana aktivitas para santri, para guru dan para tenaga karyawan membuat suasananya terasa di kota kecil bernuansa desa. Suasana yang membuat hati para santri dan setiap orang yang mengunjunginya semakin lekat di sana.
Begitu sempurnanya Impian kami sistem yang dibangun di sana sehingga membentuk siklus seolah satupun tidak ada yang tidak berguna, melainkan mendukung satu dengan yang lainnya. Suasana ini menggambarkan satu rumah tangga besar yang di kepalai seorang ayah yang bijak.
Pembangunan Ma’had Darul Ihsan ini dimulakan pada tarikh 02 Mei 2003, yang merupakan usaha unggulan Yayasan Darul Ihsan dengan Akte Notaris : Ummu Imama No. 2 Tanggal 2 Mei 2003.


Direncanakan akan dibangun Kantor Utama, MI/ SD Islam, Asrama Putra/Putri, Mini Market, Perpustakaan, Lab. Komputer, MAU/MAK/SMU Islam, Mushola, Gedung Serbaguna, Sekolah Tinggi, Lapangan Sepak Bola, Lapangan Basket, Klinik, Kolam Renang,Lapangan Tenis, Gymnasium,dll.
Menurut rencana, Ma’had Darul Ihsan mempersiapkan Gedung gedung masing masing 5-6 lantai dengan kontruksi baja yang sangat memadai sehingga mampu bertahan terhadap kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan, seperti gempa bumi dan lain sebagainya. 12 gedung diperuntukkan untuk asrama santri/mahasiswa, sedang 12 lainnya untuk gedung pembelajaran.
Juga direncanakan pembangunan bertahap gedung Perkhidmatan Kesehatan, berupa hospital di sebelah selatan arena pendidikan. Rumah sakit ini direncanakan sebagai sarana pendukung untuk fakultas kedokteran yang akan di kembangkan kemudian.
Saat ini telah dioperasikan perkhidmatan kesehatan dengan mengambil tempat lantai dasar bangunan pembelajaran Umar Ibnu Khaththab. Berfungsi memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh santri para guru dan civitas Ma’had lainnya serta masyarakat sekitar. Khusus masyarakat di tiga desa yang telah berpartisipasi dalam pengadaan lahan wakaf diberikan konsultasi kesehatan secara cuma-cuma
maka dengan itu memohon kepada Para Pengusaha dan para dermawan atau Siapa saja yang yang Punya niat baik menolonng untuk menyisihkan ( Menginfaqkan/mewakafkan )sebagian hartanya untuk pembagunan fasilitas yang kami akan rencanakan,Dengan No Rekening Bank Jabar Cabang Sukabumi : 0007609681100 an.SD ISLAM DARUL IHSAN, yang insyaallah akan ada balasan dari Allah yang berlipat ganda di akhirat nati.Amiin yaa rabbal alamiin.Sebelumnya Kami Ucapkan Banyak terima kasih.mohon Maaf bila ada kesalahan menulis.Hubungi kami di www.sdislamdarulihsan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar